Oleh: akirawijayasaputra | April 16, 2009

fasilitas cetak gabung (mail merge)

dalam hal pengiriman surat dengan isi yang sama seperti surat undangan, surat penawaran, dan lain-lain kepada beberapa orang, di perlukan cara cepat untuk mengerjakannya. jika surat di buat satu per satu, tentu ini akan merepotkan. dalam Word terdapat fasilitas cetak gabung (mail merge) untuk membuat beberapa surat dengan cepat

langkah-langkah untuk menggunakan fasilitas mail merge adalah sebagai berikut.

untuk menggunakan fasilitas cetak gabung, terlebih dahulu harus di buat dua file, yaitu dokumen utama (main document) dan sumber data (data source). Dokumen utama berisi teks surat dan field-field, sedangkan sumber data berisi data-data yang akan di gabungkan kesurat (misalnya nama dan alamat yang di tuju


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: